Telp. 0260-414542





RAPAT PARIPURNA, PIHAK EKSEKUTIF DAN DPRD SUBANG SEPAKATI KUA-PPAS PERUBAHAN TAHUN 2021

RAPAT PARIPURNA, PIHAK EKSEKUTIF DAN DPRD SUBANG SEPAKATI KUA-PPAS PERUBAHAN TAHUN  2021

Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan Tahun 2021 akhirnya telah disepakati oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Subang setelah beberapa hari yang lalu dilakukan pembahasan dan finishing. Maka dari itu DPRD Kabupaten Subang menggelar Rapat Paripurna penandatanganan Nota Kesepakatan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021, Selasa 21 September 2021.

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD tersebut dipimpin Ketua DPRD H. Narca Sukanda, didampingi Wakil Ketua II H. Aceng Kudus, dan Wakil Ketua III Lina Marliana. Rapat sendiri dihadiri anggota DPRD sebanyak 35 Orang, Perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Subang. 

Ketua DPRD Subang yang memimpin jalannya sidang mempersilakan salah satu anggota Badan Anggaran yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Dang Agung, S. Kom dari PDIP untuk menyampaikan laporan hasil kerjanya sebelum rapat paripurna meningkat ke acara penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS Perubahan tahun 2021.

"Hasil pembahasan telah kami laporkan secara tertulis dan kami harapkan Bupati Subang memperhatikan catatan catatan yang ada dalam laporan tersebut diantaranya menindaklanjuti opini WTP dari BPK pada bulan Mei tahun 2021 yang lalu. Dan kami merekomendasikan kepada pimpinan DPRD agar dilakukan penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 antara Pemerintah Daerah dan Pimpinan DPRD. " Tegas Dang Agung. 

Rapat Paripurna kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan dan penandatanganan Berita Acara KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 antara Bupati Subang yang diwakili oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD, lalu dilakukan penyerahan nota kesepakatan dari DPRD kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang tentang KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021.

Bupati Subang Haji Ruhimat dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Subang yang telah bekerja keras dalam rangka pembahasan KUA- PPAS Perubahan Tahun 2021.

"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Subang, sehingga alhamdulillah hari ini kita dapat menindaklanjuti dan menyepakati KUA PPAS perubahan Tahun 2021", ungkap Kang Akur -sapaan akrab Wakil Bupati Subang-.

"Kami mohon maaf bilamana dalam proses pembahasan KUA PPAS perubahan ini ada hal-hal yang kurang berkenan", tambahnya.

Secara terpisah usai memimpin rapat, Ketua DPRD Subang H. Narca Sukanda mengatakan, pembahasan perubahan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 dilakukan secara bersama karena semua substansi yang ada didalamnya saling mendukung antara kebijakan program dan plafon anggarannya. 

"Sebagaimana diketahui bersama bahwa KUA- PPAS Perubahan Tahun 2021 adalah merupakan dokumen perencanaan yang memuat perubahan asumsi-asumsi pendapatan maupun pembiayaan daerah, yang dimaksudkan untuk memberikan arahan dalam penyusunan perubahan kebijakan pendapatan, belanja serta pembiayaan APBD-P tahun 2021," ucapnya.

"Sedangkan tujuan disusunnya KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 adalah sebagai pedoman dalam penyusunan anggaran yang semula telah ditetapkan dalam KUA Tahun 2021. Kemudian terjadi pergeseran anggaran antar unit OPD, antar kegiatan dan antar jenis belanja," tandasnya.

"Dengan dilakukan kesepakatan KUA-PPAS Perubahan ini tentunya kepada Bupati untuk segera menyampaikan rancangan APBD perubahan untuk di bahas bersama DPRD supaya anggaran perubahan yang sudah ditetapkan dapat dilaksanakan, jangan sampai akhir tahun tidak dapat menggunakan anggaran tersebut, apalagi itu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat." Pungkasnya. 

Diketahui, rancangan KUA PPAS Perubahan Tahun 2021 telah dilakukan pembahasan oleh Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) selama 3 hari kerja dari tanggal 16,17 dan 18 September 2021 yang diakhiri dengan finishing hari Senin 20 September 2021 kemarin.