Telp. 0260-414542





RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR RANCANGAN KUA PPAS APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2021

RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR RANCANGAN KUA PPAS APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2021

Sesuai agenda Badan Musyawarah DPRD, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Subang menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Pelaksanaan Penyampaian Nota Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (KUA-PPAS APBD) Tahun Anggaran 2021.

Rapat paripurna dilaksanakan  pada hari Senin tanggal 13 September 2021 bertempat diruang rapat paripurna Gedung Sekretariat DPRD Kabupaten Subang. Ketua DPRD H. Narca Sukanda didampingi oleh Wakil Ketua II H. Aceng Kudus dan Wakil Ketua III Lina Marliana memimpin jalannya rapat paripurna tersebut.

Dalam pidato pengantar nota perubahan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2021, Bupati Subang H. Ruhimat, S. Pd., M. Si menyampaikan bahwa KUA dan PPAS adalah dokumen perencanaan penganggaran yang memuat kebijakan, bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya.

Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat tersebut juga menambahkan bahwa KUA sebagai salah satu instrumen penting dalam penyusunan PPAS dan APBD yang nantinya merupakan kesepakatan antara Pemerintah Daerah dan DPRD yang membuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun anggaran. Sedangkan PPAS  adalah program prioritas dan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada perangkat daerah untuk setiap program dan kegiatan sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran satuan kerja perangkat daerah.

Kemudian dalam tahun berjalan terdapat perubahan-perubahan antara lain berkenaan perubahan regulasi dan alokasi anggaran sehingga perlu dilakukan penyesuaian terhadap asumsi KUA dengan memperhatikan hasil rekomendasi audit terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun sebelumnya terutama berkaitan dengan penganggaran Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya dan defisit anggaran pada APBD murni. Dengan demikian Perubahan-perubahan tersebut menyebabkan harus dilakukan penyesuaian terhadap asumsi-asumsi dalam penyusunan KUA PPAS dalam APBD murni tahun anggaran berkenaan, ungkap Wabup Agus Masykur Rosyadi yang turut membacakan nota Perubahan KUA  PPAS APBD Tahun Anggaran 2021 tersebut bergantian dengan Kang Jimat.

Rapat paripurna berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis nota pengantar rancangan KUA PPAS APBD perubahan TA 2021 oleh Bupati Subang kepada pimpinan DPRD.

Selain pimpinan DPRD, Bupati Subang dan Wakil Bupati Subang, Rapat paripurna juga dihadiri  Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, Kapolres Subang yang baru 1 bulan dilantik AKBP Sumarni, Perwakilan Forkopimda dan Para Kepala Dinas atau yang mewakili di lingkup Pemerintah Kabupaten Subang.

" Rapat akan dilanjutkan besok hari Selasa tanggal 14 September 2021 dengan agenda  Pandangan Umum Fraksi Fraksi atas Nota Pengantar KUA PPAS perubahan Tahun 2021 pada jam 13.00 WIB. " Pungkas Ketua DPRD.