Telp. 0260-414542





RAPAT PARIPURNA DPRD PENETAPAN 2 BUAH RAPERDA DAN PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR KUA PPAS TAHUN 2023

RAPAT PARIPURNA DPRD PENETAPAN 2 BUAH RAPERDA DAN PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR KUA PPAS TAHUN 2023

Rapat Paripurna dilanjutkan ke agenda kedua yaitu Pembahasan Raperda Perubahan Keempat atas Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah hasil Fasilitasi Gubernur Jawa Barat dan Pembahasan Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah hasil Fasilitasi Gubernur Jawa Barat. 

Laporan hasil kerja Pansus dibacakan oleh salah satu anggota Pansus yaitu Nazib Jordie Faturrahman dari Fraksi PDIP yang langsung disetujui oleh Anggota DPRD Kabupaten Subang serta ditandatangani secara langsung oleh Bupati Subang dan Ketua DPRD Kabupaten Subang.

Rapat Paripurna dilanjutkan dengan agenda ketiga yaitu Penyampaian Nota Pengantar Atas Rancangan Nota Kesepatakan Kebijakan Umum APBD dan PPAS Tahun 2023.

Bupati Subang, H. Ruhimat menyampaikan proses pembangunan di Kabupaten Subang sesuai dengan rel yang ditentukan.

"Pembangunan di Kabupaten Subang dilaksanakan dalam rangka pencapaian visi misi Kabupaten Subang tertuang dalam Peraturan Daerah No.4 Tahun 2019, dibagi ke dalam 9 program Jawara." ujar Bupati. 

Bupati juga mengapresiasi Anggota Dewan atas kerja kerasnya dalam mendampingi Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

"Apresiasi kepada segenap Anggota DPRD atas dukungan dan perhatian atas kiprahnya dalam pembangunan di Kabupaten Subang." tukasnya. 

KUA dan PPKAS yang dibacakan Bupati Subang meliputi aspek pendapatan, belanja, dan pembiayaan yang disusun dengan beberapa asumsi yaitu DAK dianggap belum dimasukkan, DAU diasumsikan sama dengan target DAU tahun lalu 1,1 Triliyun, dan Dana Desa dianggap sama dengan tahun lalu yaitu 234,4 Milyar.

Bupati juga menyampaikan rencana pendapatan Kabupaten Subang di tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun 2022.

"Rencana Pendapatan Daerah total pada tahun 2023 adalah 2,66 Triliyun atau mengalami penurunan sebesar 286,03 Milyar atau 9,7%. Penurunan diakibatkan Pandemi Covid-19 sejak 2020 yang diprediksi akan berdampak hingga tahun 2023 yang berpengaruh pada aspek sosial, ekonomi, dan masyarakat." jelasnya. 

Menutup pembacaan tersebut, Kang Jimat menyampaikan arah KUA dan PPAS tahun 2023 merupakan penegasan peraturan di atasnya dan sesuai dengan visi misi Pimpinan Daerah.

Rapat Paripurna DPRD akan dilanjutkan pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 dengan agenda pandangan umum Fraksi Fraksi atas Penyampaian Nota Pengantar KUA PPAS Tahun 2023.