Telp. 0260-414542





KABAG PERSIDANGAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN HADIRI BRIEFING SENIN BERSAMA WABUP DAN SEKDA

KABAG PERSIDANGAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN HADIRI BRIEFING SENIN BERSAMA WABUP DAN SEKDA

Mengawali awal pekan ketiga di bulan Maret, seperti biasa setiap hari Senin pagi Kepala Daerah yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi yang didampingi Sekda Kabupaten Subang H. Asep Nuroni memimpin briefing staf bersama seluruh kepala OPD Kabupaten Subang yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati II. Senin 21 Maret 2022, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kab. Subang Eka Rosdiman, SE., MM., berkesempatan hadir mewakili Sekretaris DPRD Subang dalam briefing tersebut. 

Sekda Subang H. Asep Nuroni pada briefing staf tersebut menyampaikan bahwa pokok utama pembahasan pada briefing staf tersebut yaitu informasi berkaitan dengan PAD, sejauh mana target-target yang belum tercapai dan pernah tercapai. 

"Pendapatan pajak daerah semoga bisa tercapai sebagai acuan untuk berkaitan anggaran pembangunan daerah. Potensi pendapatan daerah tersebut berkaitan dengan workshop, retribusi parkir, sampah, pasar dan retribusi lainnya di masing-masing OPD." Harapnya.

Agenda selanjutnya informasi strategis dari para kepala OPD terkait permintaan laporan atau target-target kegiatan dari berbagai aspek, pembahasan terkait perkembangan covid-19 dan capaian vaksinasi covid-19 bagi masyarakat Subang serta pembahasan terkait persiapan hari jadi Kabupaten Subang yang bertepatan pada bulan Ramadhan.

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang Agus Masykur menyampaikan bahwa terkait beberapa raihan PAD, sudah menunjukan hasil di triwulan pertama diangka 12,3%, pendapatan dari provinsi 10,3% meskipun di retribusi daerah masih rendah. Kang Akur berharap kepada OPD yang mengelola retribusi untuk lebih massif lagi sehingga potensi yang sudah ada, dapat memberikan keuntungan bagi daerah atau tidak tercapai. 

Terkait dengan lomba kebersihan sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun Subang ke-74, Kang Akur sangat mendukung dan berharap kegiatan tersebut memotivasi para OPD untuk selalu menjaga kebersihan. Dirinya juga menginginkan adanya Bank Sampah di setiap daerah. 

"Bank sampah perlu diadakan di tingkat RW atau paling tidak di Desa/Kelurahan untuk memilah atau mengurai sampah sebelum disalurkan ke TPA sehingga distribusi sampah yang masuk ke TPA akan berkurang." Ucapnya.

Terkait penataan pertamanan di sepanjang jalan Subang selatan, Kang Akur berharap untuk dilakukannya pendesain-an. Dirinya menyatakan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah titik-titik mana saja yang akan dibuatkan taman tersebut. Salah satu penataan taman akan ditanam pohon hanjuang dan pohon lainnya untuk memperindah jalan sehingga enak untuk dilihat. 

Sementara itu Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kab. Subang Eka Rosdiman mengungkapkan bahwa didalam rapat senin pagi tersebut, Wabup juga menginginkan adanya percepatan target vaksinasi terutama untuk vaksin dosis kesatu dan kedua. 

"Terkait vaksinasi, Wabup terus memotivasi para nakes untuk selalu semangat dalam bekerja demi tercapainya target vaksinasi. Untuk Kabupaten Subang, target yang harus dicapai tersisa 1% untuk dosis pertama dan 2,1% untuk dosis ke 2," ungkap Eka. 

"Semua hasil briefing hari ini akan disampaikan kepada pak Sekwan H. Ucok agar bisa menjadi pedoman bagi Setwan dalam menjalankan kegiatan khususnya di minggu ini agar selaras dengan rencana dan keinginan Kepala Daerah dan Pemkab. Subang," tambah Eka. 

Pada briefing staf tersebut juga dibahas terkait dengan tim percepatan perluasan digitalisasi.

"Pak Wabup dan Sekda memohon bantuan kepada kita sebagai perangkat daerah dan para kepala perangkat daerah untuk bisa optimal untuk pelayanan masyarakat untuk kemaslahatan masyarakat, dan terkait lelang kegiatan segera melaksanakan lelang untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Subang." pungkas Eka. 

Hadir pada brifing staf tersebut diantaranya Para Asda, Para staf ahli bupati, para kepala OPD dan para Kabag lingkup Setda Subang.